Stop Produksi, Pipa Air Baku IPAM Kampung Damai Rusak. Suryo: Air Mengalir, Beda Listrik Langsung Nyala

DIKEBUT: Proses perbaikan kebocoran pipa yang dikerjakan hingga waktu Subuh oleh petugas

SHARE INFO INI KE TEMAN

TINTAKALTIM.COM-Aliran air bersih ke pelanggan PDAM harus  tertenti atau stop produksi. Ini karena, Selasa (05/05/2020) sekitar pukul 20.00 Wita, Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Kampung Damai mengalami kerusakan.

Kerusakan terjadi pada pipa air baku atau pipa transmisi berdiameter 600 mm jenis baja (steel) tepatnya di lokasi belakang hutan Pesantren Mardhatillah kilometer 8. Perbaikan dilaksanakan malam hari juga tentu dengan target pekerjaan 1×24 jam  di mana upaya pekerjaan lebih cepat selesai itu lebih baik.

“Kami mohon maaf, sekitar 45 persen pelayanan air bersih di kota Balikpapan terganggu. Tapi tidak lama,” kata Kasubag Customer Service Suryo Hadi Prabowo  dalam keterangan persnya yang diterima Tintakaltim.Com.

Menurut Suryo, kebocoran itu baru diketahui Selasa sore sekitar pukul 16.45 Wita atau tepatnya 5 Mei 2020. Dan kegiatan ini bersifat darurat, sehingga PDAM secara mendadak  harus memperbaiki kebocoran yang terjadi agar air ke pelanggan segera mengalir.

“Pekerjaan akan dilaksanakan hingga Subuh. Sehingga, nanti jika selesai, maka proses normalisasi harus menunggu kembalinya air ke rumah pelanggan. Ini tergantung waktu dan jarak,” ujar Suryo menjelaskan, sering ada pertanyaan jika pekerjaan selesai mengapa air belum segera mengalir.

Suryo mengatakan, air itu perlu tekanan jika harus dialirkan ke rumah pelanggan.  Berbeda dengan listrik, melalui pusatnya dinyalakan langsung menyala. Sebab, aliran listrik melalui kabel. “Sering juga terjadi, biasanya kalau selesai pekerjaan airnya keruh dan hanya beberapa saat. Itu karena adanya kotoran tertinggal dalam pipa yang dibawa kaitan pekerjaan,” urainya.

Suryo menyampaikan sekali lagi permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan  tidak mengalir lebih dahulu.

Adapun aliran Produksi IPAM KAMP. DAMAI : Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat : Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS, Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono, Stalkuda, Gn.Bakaran, Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan, Bpp.Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara, Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn.Guntur, Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al’Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Jalan Beler, Dam, Sebagian Daun Village, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarya, seluruh aliran Distribusi air dari IPAM KP.Damai. (ril/git)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *