Tohari Masuk Komisi Pilkada di Kongres V PDI-P Bali

PESAN: Tohari bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini di arena Kongres V PDIP di Bali

SHARE INFO INI KE TEMAN

BALI-TINTAKALTIM.COM-Ketua PDIP Cabang Balikpapan Tohari Azis masuk komisi pilkada pada Kongres V PDI Perjuangan yang dilaksanakan 8-11 Agustus 2019 di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur Denpansar. Komisi ini sangat strategis, karena pada 2020 akan ada pilkada serentak di 270 kota-kabupaten termasuk Kota Balikpapan.

Kepada Tintakaltim.com, Tohari mengatakan pembagian komisi-komisi sudah dilakukan. Dirinya  telah resmi masuk Komisi IV pemenangan electoral atau Pilkada 2020. “Besok (hari ini, Red) akan ada sidang-sidang komisi termasuk komisi pilkada. Tentu akan ada sejumlah rekomendasi yang dibahas dalam sidang itu,” kata Tohari dari Bali melalui sambungan telepon.

Bersama Maruarar Sirait

Dikatakannya, rombongan PDI-P Balikpapan tidak hanya dirinya. Bahkan Tohari mengusung sebanyak 70 kader partai untuk ikut kongres di  Denpasar Bali. Tujuannya agar mengetahui arah dan gerakan partai termasuk di Kaltim dan khususnya Balikpapan.

 “Balikpapan kan mulai mencuat isu Pilkada. Ya, PDIP tetap mengusung kader internal,” tambahnya yang tidak menampik bahwa  Ketua PDI Perjuangan Kaltim Syafaruddin  bisa saja tampil dalam Pilkada Balikpapan jika sudah penugasan partai.

Tohari yang kemarin bertemu Walikota Surabaya Tri Rismaharini di arena kongres mengatakan,  seluruh pejabat dari unsur PDI Perjuangan baik eksekutif dan legislatif baik itu walikota, gubernur bahkan presiden berbaur bersama. Tidak ada sekat di antara mereka. “Bu Risma juga sempat bincang dengan saya bagaimana menata kota Surabaya lewat pendekatan  rakyat, turun ke lapangan menyerap aspirasi rakyat. Istilahnya aspirasi yang bottom up gitu. Jadi sudah tidak zaman lagi, pejabat PDI-P itu tidak ngurusi wong cilik,” ujar Tohari menirukan ucapan walikota Surabaya.

Apa diminta juga Bu Risma untuk maju Pilkada Balikpapan tanya Tintakaltim.com. Tohari tertawa. “Sampeyan ini lho mas. Kader PDI-P itu kalau sudah garisan dan amanat partai yo harus siap,” ujar Tohari, seolah memberi isyarat kalau dirinya pun diperhitungkan partai untuk meramaikan  kontestasi politik di Kota Minyak.

Action bersama Satgas Partai

Dalam konteks kongres, selain bicara komisi pilkada, juga dibahas arah koalisi partai sampai ke tingkat daerah. Hanya saja, kongres lebih ditekankan pada arah penguatan dan soliditas partai. Termasuk merancang program sampai ke daerah. “Hari Sabtu itu kalau tidak salah akan ada jadwal pengesahan sidang komisi, termasuk pengesahan sikap politik partai,” ujar Tohari yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan ini.

Mengenai pemilihan ketua umum PDI-P periode 2019-2024, akan dilakukan Sabtu sore pukul 15.00 Wita. Sekaligus saat itu juga akan ada pelantikan dan pengambilan sumpah janji pengurus DPD PDI Perjuangan se-Indonesi oleh ketua umum terpilih. (git/rik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *