Kelurahan Sumber Rejo Wakili Kaltim ke Nasional. Juara 1 Lomba Kelurahan Tingkat Kaltim 2021

OPTIMISTIS: Ketua LPM Sumber Rejo Drs Ahmad Mallolongan (kiri) bersama walikota dan istri mengucapkan terimakasih kepada semua pihak di Kelurahan Sumber Rejo dan optimistis di tingkat nasional

SHARE INFO INI KE TEMAN

TINTAKALTIM.COM-Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah akhirnya mewakili Provinsi Kaltim ke tingkat nasional untuk lomba  kelurahan tahun 2021 setelah ditetapkan menjadi juara I lomba kelurahan tingkat Provinsi Kaltim.

Kepastian juara 1 itu  berdasarkan surat  Sekda Provinsi Kaltim  Muhammad Sa’bani Nomor 414.4/3098/DPMPD tentang pemenang lomba kelurahan Provinsi Kaltim 2021 yang dikeluarkan  pada Senin (21/06/2021)

“Iya benar, Alhamdulillah dan terimakasih seluruh tim Kelurahan Sumber Rejo. Ini kerja tim yang sangat dahsyat. Saya sudah terima surat dari Sekda Kaltim itu,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sumber Rejo Drs Ahmad Mallolongan saat dikonfirmasi kaitan  hasil kejuraan itu.

Sebelumnya, selama dua hari 15-16 Juni 2021 di Samarinda, Kelurahan Sumber Rejo harus ‘bertarung’ lewat presentasi lomba kelurahan tingkat Kaltim berkompetisi dengan dua kelurahan yakni Kelurahan Guntung Bontang Utara dan  Kelurahan Dadi Mulya Samarinda Ulu yang seluruhnya telah ditetapkan masuk 3 besar setelah berkompetisi di kotanya masing-masing.  

Kelurahan Sumber Rejo Balikpapan, mempresentasikan profil kelurahan oleh Lurah Umar Hadi yang  juga didukung Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan, Ketua LPM Kota Balikpapan H Damanhuri, tim PKK Balikpapan Tengah dan kelurahan serta LPM Sumber Rejo di bawah kepemimpinan Drs Ahmad Mallolongan.

Ahmad Mallolongan menyebutkan, presentasi Kelurahan Sumber Rejo terdiri dari 39 slide yang memaparkan kerja-kerja perangkat kelurahan yang telah mengukir prestasi dalam bidang pembangunan.  Serta  presentasi pernah meraih peringkat 6 juara nasional untuk lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Presentasi itu menggunakan aplikasi power point yang di dalamnya sengat detail   berisi kaitan inovasi, e-government, wisata edukasi Kang Bejo, unggulan dan potensi kelurahan, pelestarian adat dan budaya, kamtibmas,  musrenmbang, forum anak dan karang taruna, kegiatan LPM, tim penggerak PKK serta sarana dan prasarana kelurahan.

 SUPER TEAM DAHSYAT

Dalam kaitan kemenangan Kelurahan Sumber Rejo di tingkat provinsi, menurut Ahmad Mallolongan merupakan kerja super team yang dahsyat. Khususnya Lurah Umar Hadi  dan camat serta seluruh stakeholder lainnya. Karena, dengan kekompakan itu maka  juara 1 dapat diraih.

“Saya melihat dewan juri atau tim penilai sangat profesional. Sebab,  menilai secara fair. Rasa optimistis teman-teman untuk meraih juara 1 memang  ada sejak di Samarinda. Ternyata itu jadi kenyataan,” kata Ahmad Mallolongan.

Tim Sumber Rejo yang diperkuat Camat Edy Gunawan, Lurah Umar Hadi, Ketua LPM Ahmad Mallolongan, Ketua LPM Balikpapan Damanhuri dan tim PKK siap melaju ke tingkat nasional

Menurut Ahmad Mallolongan,  dalam presentasi selama beberapa menit, Kelurahan Sumber Rejo memang unggul. Baik dalam paparan aplikasi yang menggunakan power point maupun materinya.

“Saya punya keyakinan saat berada di acara itu. Balikpapan tampil meyakinkan. Alhamdulillah, ternyata  juara 1 itu dapat kita raih,” ungkapnya.

Ahmad menyebutkan, tentu super team yang telah terjalin  harus diuji lagi di tingkat nasional. LPM akan mendukung kelurahan. Sehingga, harus lebih berbeda lagi tampilnya. 

“Tentu akan ditambah dengan kebijakan walikota baru H Rahmad Mas’ud SE ME yang juga menekankankan bagaimana  kelurahan harus produktif, berkembang dan penuh inovasi,” jelas Ahmad Mallolongan.

Disinggung tentang persiapan, karena tingkat nasional kata Ahmad, akan ada rapat-rapat khusus untuk mendapatkan  kata sepakat agar masukan dari camat,  LPM, kelurahan, PKK, babinsa, babhinkamtibmas dan seluruh stakeholder  dapat diurai untuk bahan di tingkat nasional.

“Kita juga akan sowan dengan Walikota H Rahmad Mas’ud SE melaporkan hasil kejuaraan juga meminta support dan apa saja yang harus dilakukan di tingkat nasional nanti. Insya Allah, kalau melihat super team Kelurahan Sumber Rejo, saya lagi-lagi optimistis untuk dapat membuahkan hasil maksimal,” kata Ahamd Mallolongan yang juga bendahara Partai Golkar Balikpapan ini.

Ditambahkan Ahmad Mallolongan, Kelurahan Sumber Rejo di tingkat nasional nanti  akan ikut lomba pada  minggu ke IV Juni  atau  Minggu ke-III Agustus 2021 yang masuk dalam regional Kalimantan-Sulawesi.

“Semoga waktu yang ada bisa  dimanfaatkan untuk konsolidasi  untuk tampil lebih meyakinkan di tingkat nasional,”  pungkas Ahmad Mallolongan yang menambahkan, untuk juara II lomba kelurahan diraih  Kelurahan Guntung Bontang Utara dan juara III Kelurahan Dadi Mulya, Samarinda Ulu. (gt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *