Bontang ‘ATM’ Kelurahan Sumber Rejo dan Inovasinya. Lurah Lok Tuan: Pemberdayaan Masyarakatnya Kita Contoh

BELAJAR: Kelurahan Lok Tuan Bontang belajar ke Kelurahan Sumber Rejo Balikpapan Tengah. Tampak Camat Eddy Gunawan, Lurah Umar Adi, Ketua LPM Ahmad Mallolongan , babinsa, bhabinkamtibmas saat menerima rombongan

SHARE INFO INI KE TEMAN

TINTAKALTIM.COM-Kota Bontang  punya semangat belajar tinggi ke Balikpapan. Mereka mencoba  untuk menerapkan konsep ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) proses inovasi dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah.

Tentu, pola mengamatinya, meniru dan memodifikasi dengan datang dan mendapat informasi  dari jajaran stakeholder di Kelurahan Sumber Rejo seperti Lurah Umar Adi, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Ahmad Mallolongan bahkan Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan dan lainnya.

“Kita pilih Kelurahan Sumber Rejo karena banyak prestasinya. Bahkan sampai tingkat nasional. Tapi yang menarik ada  tanaman kreasi masyarakat Kampung Kangkung Sumber Rejo alias ‘Kang Bejo’,” kata Lurah Lok Tuan Bontang, Muhammad Takwin  menjelaskan usai kunjungannya ke Kelurahan Sumber Rejo, Jumat (11/06/2021).

Menurut Takwin, ATM yang dilakukan di Kota Balikpapan nantinya tentu dimodifikasi di daerahnya. Sebab, proses pemberdayaan masyarakat sangat baik harus melihat contoh yang baik.

Camat Balikpapan Tengah Eddy Gunawan didampingi Lurah, Ketua LPM saat menjelaskan kaitan kemajuan Kelurahan Sumber Rejo di Balikpapan Tengah

Disebutkannya, ia tertarik dengan  kebun kangkung yang dijadikan  wisata edukasi di kelurahan itu. Apalagi dikerjakan para kelompok tani yang bersama-sama mengembangkan  sayur kangkung dan dijual ke pasar.

“Insya Allah, di Lok Tuan juga ada lahan. Sehingga nanti bisa kita contoh. Tentu, diperlukan proses pendampingan dan lainnya,” ujar M Takwin.

Bukan itu saja,  ATM lainnya adalah mengenai  anjungan pelayanan mandiri masyarakat Sumber Rejo (Anyaman Mas Bejo) .

“Sangat simple dan mudah untuk dipelajari. Apalagi di era digital sekarang. Jadi semua urusan dapat  dengan mudah dikerjakan secara online. Ini harus dikembangkan dan mempermudah pelayanan ke masyarakat,” ungkap Takwin.

Secara terpisah, Lurah Sumber Rejo Umar Adi menegaskan,  aplikasi Anyaman Mas Bejo memang baru di-launching  dan waktu itu disosialisasi  melalui zoom meeting yang juga dihadiri Camat Balikpapan Tengah  Eddy Gunawan.

Aplikasi yang juga dicontoh atau jadi ‘mata ajar’ ATM Kelurahan Lok Tuan Bontang kata Umar Hadi,  untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan online  tanpa harus datang ke kantor pelayanan pemkot. Bisa diakses melalui  telepon seluler berbasis android dan web.

Suasana kunjungan kerja ke Kelurahan Sumber Rejo

“Aplikasi ini membantu warga yang tinggal di Kelurahan Sumber Rejo. Kalau memerlukan bukti fisik misalnya ingin nge-print kartu keluarga (KK), bisa datang ke kelurahan dan gratis,” urai Umar Hadi.

Ada 6 urusan yang  dilayani dalam kaitan Anyaman Mas Bejo itu.  Dan warga bisa difasilitasi misalnya ada yang gagal teknologi (gaptek) bisa datang ke kelurahan. Sebab, disiapkan kompter khusus bagi  warga yang mengurus pelayanan dan didampingi staf kelurahan.

APRESIASI LPM

Sementara itu Ketua LPM Sumber Rejo Drs Ahmad Mallolongan mengatakan, memberi apresiasi atas kunjungan Lurah Lok Tuang Bontang dan tim ke Sumber Rejo untuk menimba ilmu inovasi pemberdayaan masyarakat.

“Inisiatif mereka belajar dan ingin mencontoh sangat tinggi. Ini yang  kita harus dukung maksimal. Karena, ilmu yang baik itu jika harus ditransfer ke orang lain dan diimplementasikan jadi kebaikan. Kan itu amal jariyah,” kata Ahmad Mallolongan.

Bahkan menurut Ahmad, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran camat, lurah, babinsa, bhabinkamtibmas serta pengurus LPM yang ikut hadir dalam acara menerima rombongan dari Bontang yang belajar ke Kelurahan Sumber Rejo.

Foto bersama saling berbagi ilmu (transfer knowledge)

“Camat, lurah, LPM memberikan pengajaran kepada mereka  yang ingin melakukan adopsi semua yang baik-baik dari Kelurahan Sumber Rejo.  Itu semua juga proses ‘ladang amal’ sebab pihak kelurahan menyebarkan kebaikan kepada orang lain bahkan daerah lain,” kata Ahmad Mallolongan.

Ditambahkan Ahmad Mallolongan, Kelurahan Sumber Rejo harus unggul dalam pelayanan. Apalagi sudah ada pelayanan dengan sistem online. “Kami bersama pengurus LPM, camat dan lurah akan terus berkreasi dan berinovasi demi kemajuan kelurahan. Memang banyak halangan tapi bukan jadi hambatan. Insya Allah jika kita bersinergi akan bisa dicarikan solusi,” pungkas Ahmad Mallolongan yang juga bendahara Partai Golkar dan tim ahli akuntansi dan teknis Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE ME ini. (gt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *